Sosialisasi Kalimat Efektif di Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan Dirghantara

Authors

  • Suse Lamtiar Simbolon
  • Rubby Soebiantoro
  • Iwan Koswara
  • Nurhedhi Desryanto
  • Taryana Taryana
  • Yenny Arnas
  • Zulina Kurniawati

DOI:

https://doi.org/10.52989/darmabakti.v5i2.201

Keywords:

Spelling, devotion, Dirgantara Aviation Vocational School

Abstract

Latar belakang kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tentang Sosialisasi Penggunaan Kalimat Efektif di Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan Dirghantara ialah pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia yang sesuai kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penggunaan Bahasa Indonesia sesuai kaidah tersebut terutama saat siswa membuat karya ilmiah. Kelas 11 SMK Penerbangan Dirghantara  akan mengikuti praktik kerja lapangan dengan hasil luaran membuat laporan. Kemudian dari laporan PKL terdahulu ditemukan banyak kesalahan terutama menyangkut penggunaan ejaan dalam penulisan. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali siswa dengan pengetahuan terkait ejaan dalam pembuatan laporan sehingga  mengurangi kesalahan penulisan. Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah metode ceramah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat terlaksana dengan lancar. Kegiatan diawali dengan memberikan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman terkait materi yang diberikan. Di akhir sesi pelaksanaan kegiatan juga dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan. Penyampaian materi dilakukan dalam tiga tahap. Sesi pertama penyampaian materi terkait tanda baca, huruf kapital, tanda baca, penulisan gelar, penulisan teks dan bilangan, penulisan imbuhan, dan kata depan. Sesi kedua yaitu penyampaian materi terkait kata baku, nasalisasi kata, gabungan kata, Sesi ketiga penyampaian materi tentang pembentukan serta ketentuan-ketentuan kalimat efektif. Kesimpulan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah adanya peningkatan kemampuan peserta dibandingkan sebelum mendapat materi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhafizha, B. Z. (2023). Tingkat Keterbacaan Wacana dengan Menggunakan Fog Index pada Teks Bacaan Buku Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. IAIN Ponorogo.

Amalia, N. (2024). Tridharma Perguruan Tinggi untuk Membangun Akademik dan Masyarakat Berpradaban. Karimah Tauhid, 3(4), 4654–4663.

Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan buku pedoman umum ejaan bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran di sekolah. Jurnal Desain, 4(02), 92–99.

Apriliana, A., Wahdini, N., Pramaningsih, V., Suhelmi, R., & Daramusseng, A. (2022). Pendampingan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pemilahan Sampah di Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 336–340.

Aqilah, Y., Anandi, M. R., Alfitri, N., Ulayya, V. N., Munadziroh, A. H., Salsabila, D. R., & Utomo, A. P. Y. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Teks Debat dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(1), 145–172.

Cahyo, A. A. R., Sodiq, S., & Inayatillah, F. (2025). Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Tugas Keterampilan Menyimak Pemelajar BIPA Program KNB di Universitas Negeri Surabaya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 1–16.

Daud, R. F. (2021). Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 252–269.

Dinita, J. F., Setyaningsih, K., & Kanada, R. (2024). Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Bagi Siswa Jurusan Bisnis Daring & Pemasaran di SMK Negeri 3 Palembang. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(4), 544–555.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56.

Husna, M. F., & Novita, T. R. (2022). Literasi Digital dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Uswatun Hasanah Mirza Kota Binjai. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 227–234.

Kurniawan, H., Sukmawaty, S., Ansar, A., Murad, M., Sabani, R., Yuniarto, K., & Khalil, F. I. (2020). Pengolahan Daun Kelor Di Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 2(2).

Lailiyah, N., Pitoyo, A., Sujarwoko, S., Rahmayantis, M. D., Waryanti, E., Sasongko, S. D., Sardjono, S., Puspitoningrum, E., Muarifin, M., & Gigik, Y. R. (2024). Building Skills in the Digital Age through Merdeka Belajar Curriculum Development Training. Dimar: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–17.

LUTUNANU, A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Mengubah Kalimat Tidak Efektif Menjadi Kalimat Efektif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri 046421 Kubu Simbelang Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Quality.

Muzaki, A., Chadis, C., & Agustin, Y. (2019). Pengenalan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesa (PUEBI) dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar bagi para Guru. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(02), 82–86.

Pradani, S. P. N., Wardani, P. A., Afifah, N. N., Sahesti, I., Tivan, K., & Arum, D. P. (2024). Komunikasi lintas budaya: Strategi pemanfaatan bahasa Indonesia dalam pertemuan bisnis. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(1), 9.

Purba, N. A., & Sidebang, R. (2024). Konsep dasar bahasa dan sastra Indonesia. EDUPEDIA Publisher, 1–148.

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Rinaldi, R., Isnanda, R., & Naini, I. (2024). Optimalisasi Wawasan Masuk Perguruan Tinggi Dan Penerapan Ejaan Bahasa Indonesia Berbasis Konsep The King Bagi Siswa Smk Nusatama Kota Padang. Jurnal Implementasi Riset, 4(2), 26–33.

Rosiana, D., & Sohidina, S. (2024). Keefektifan Perencanaan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga SMK N 1 Karanganyar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12567–12572.

Situmeang, S. M. T. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Melalui Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sebagai Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1090–1098.

Sugianto, R., Wahyuningsih, B. Y., & Wardiningsih, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Kalimat Simple Past Tense Menggunakan Media Flashcard bagi Mahasiswa Manajemen Administrasi dan Komputerisasi Akuntansi. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(1), 61–70.

Suyanu, S., Burhanuddin, B., Saharudin, S., & Hidayat, R. (2020). Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Luar Ruang Kepada Guru Se-Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4).

Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). Pendampingan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis jurnal ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Zamroni, M. (2009). Perkembangan teknologi komunikasi dan dampaknya terhadap kehidupan. Jurnal Dakwah Vol. X No. 2 Juli-Desember 2009.

Published

2025-06-30

How to Cite

Simbolon, S. L. ., Soebiantoro, R., Koswara, I., Desryanto, N., Taryana, T., Arnas, Y., & Kurniawati, Z. (2025). Sosialisasi Kalimat Efektif di Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan Dirghantara. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 5(2), 71-78. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v5i2.201